Sabtu, 03 November 2012

Cara Membuka File Pada Program Aplikasi Jaringan Computer :



Anda dapat membuka file yang ada di komputer lain dalam satu jaringan, hanya saja file tersebut harus berada di dalam sebuah folder yang telah di-share, berikut adalah langkah-langkah untuk Sharing Folder:
1. Klik kanan pada folder yang akan Anda share dalam jaringan.
2. Pilih Sharing and Security ...
3. Setelah muncul jendela properties, pilih Sharing.
4. Ceklist pada share this folder on the network.
5. Pada bagian Share name ketikkan nama folder pengenal di jaringan.
Sekarang Anda bisa mengakses folder yang telah Anda share tadi melalui komputer lain yang terkoneksi dalam satu jaringan dengan cara mengetikkan \\\nama_komputer_atau_ip_address\nama_folder pada address bar

SHARE NETWORK PRINTER
             Menyetup sharing printer sebenarnya sangat mudah, tergantung dari hardware yang ada. Jika memiliki network printer, anda tinggal mengikuti instruksi setup yang hadir bersama printer. Jika printer anda adalah jenis yang bisa jaringan (network-capable) tetapi anda belum memiliki print server, telitilah website pembuat printer untuk mengetahui print server yang sesuai dengan printer anda. Jika anda tidak menemukan print server yang compatible, jangan cemas karena masih banyak print server lain yang bisa bekerja dengan printer anda, sepanjang kedua device saling share baik via USB maupun parallel port. Koneksikan print server diantara router ethernet port dan printer. Untuk jaringan wi-fi, anda dapat menggunakan wireless print server yang terhubing via USB dan parellel port ke printer dan ke router.
MENAMBAH PRINTER KE PC LAIN
             Anda perlu menjalankan add printer wizard pada setiap komputer sebelum dapat mengenali printer yang ter-share. Sekarang anda dapat membuat printer-printer lain dalam group access ke shared printer, tetapi setiap komputer harus menggunakan driver untuk operating system masing-masing.
             Pertama kali, pastikan printer dan PC saling terhubung. Lalu jalankan add printers wizard melalui printer tasks yang ada dalam printers and faxes. Dalam wizard, pilih a network printers or a printer attached to another computer, lalu browse ke shared printer dan seleksi. Jika sudah anda kerjakan, anda dapat memprint ke shared printer dari beberapa komputer dalam workgroup.
             Untuk jaringan wi-fi, keamanan dari file dan printer yang anda share adalah sejauh mana jaringan tersebut aman. Jadi jika menggunakan wi-fi network anda harus memastikannya terlindungi oleh firewall. Untuk lebih aman, pastikan server atau printer yang anda tambahkan support wired equivalent privacy (WEP) atau wi-fi Protected access (WPA) encryption, dan juga tambahkan device’s media access control (MAC) address ke daftar security settings router.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar