Selasa, 06 November 2012

obat batuk alami


Batuk, siapa saja bisa mengalami penyakit yang satu ini. Sangat umum, ringan, tapi cukup menganggu penderitanya. Batuk memang penyakit yang ringan, tapi akan sangat menyusahkan jika tidak segera disembuhkan. ada banyak sekali cara untuk menyembuhkan batuk, mulai menggunakan obat batuk yang bisa anda beli di toko sampai menggunakan obat batuk yang sifatnya alami atau bisa disebut juga obat batuk alami. Yang alami lebih direkomendasikan, karena selain mudah didapatkan. Kalaupun terpaksa harus beli harganya tidak mahal.


Berikut tips obat batuk alami untuk mengobati batuk :
1. Teh Jahe
Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, lalu seduh irisan jahe tadi dengan air hangat. Direkomendasikan untuk minum teh jahe 2-3 kali sehari.
2. Susu Kunyit dan Madu
Siapkan madu dan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk, kemudian masukkan kedalam satu gelas susu.
3. Lada Putih dan Madu
Ambil satu sendok teh madu, kemudian taburi madu di sendok tadi dengan lada putih. Konsumsi 2-3 kali sehari.
4. Daun Kemangi
Sediakan 2 gelas air putih dan 3 helai daun kemangi, kemudian rebus semuanya menjadi satu. Air rebusan tadi silahkan diminum untuk memulihkan batuk anda.
5. Daun Sirih
Siapkan 5 lembar daun sirih, cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semuanya dengan air 2 gelas dalam satu rebusan. Tunggu sampai air surut menjadi 1,5 gelas. Setelah itu, angkat dan saring. Selanjutnya, minum satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.
6. Belimbing Wuluh
Ambil segenggam bungan belimbing wuluh,kemudian campur dengan beberapa butir adas, gula dan secangkir air, lalu ditim. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.
7. Bunga Mawar
Siapa sangka Bunga mawar ternyata juga bisa mengobati batuk. Caranya, ambil bunga mawar segar sekitar 10 gram, kemudian tim dengan air secukupnya. Tambahkan gula batu (yang ini sesuai selera anda). Setelah itu, minum dua kali sehari.
8. Jeruk Nipis
Peras jeruk nipis, kemudian campur dengan air matang, serta madu. Tim 1 sendok makan air perasa jeruk nipis,3 sendok matang madu murni, dan 5 sendok makan air matang tadi selama 30 menit. Minum sekali sehari.
9. Daun Asam Muda
Ambil setengah gengga daun asam muda yang terkenal kecut, kemudian campur dnegan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Setelah itu, silahkan minum ramuannya.
10. Tanaman Serai
Siapkan beberapa gram akar serai, kemudian cuci bersih. Setelah itu, rebus dengan air bersih selama 15 menit. Setelah dingin, silahkan dikonsumsi dengan takaran segelas sehari.

Semoga 10 obat batuk alami diatas dapat menyembuhkan Batuk bermanfaat untuk anda dan keluarga anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar