Sabtu, 03 November 2012

SEKILAS TENTANG UNGU BAND



 UNGU terbentuk sejak lama.  Jakarta, September 1996 tepatnya. Ungu yang pantang menyerah kendati sering berganti formasi akhirnya mendapatkan kesempatan rekaman dibawah naungan label Warner Music Indonesia, untuk sebuah album kompilasi bertajuk klik. Dalam album tersebut Ungu menyumbangkan 2 lagunya.
Pada tahun 2002 barulah Ungu berhasil membuktikan kemampuan bermusik mereka. Kali ini dibawah :
naungan label Hemaswara/Musica, Ungu akhirnya merilis album debut mereka yang berjudul Laguku. dengan 12 lagu ciptaan anak-anak Ungu sendiri, mereka ternyata juga mengundang musisi senior macam Sawung Jaba untuk membantu mereka dalam menggarap aransemen string. Hasilnya bisa didengar lewat lagu-lagu macam Laguku, Maafkanlah, dan Embun Hati.
Musik Ungu menggabungkan gitar, bass, drum, dan vokal menjadi 12 lagu beraliran pop progresif dengan sedikit unsur rock dalam album “Laguku” ini.
Group ini terdiri dari :
1.      Pasha (vokalis)
Nama Lengkap            : Sigit Purnomo Syamsudin Said
TTL                                          : Donggala, 27 Nopember 1979
Bergabung dengan ungu, karir pertama sebagai model dan telah muncul di beberapa iklan, main sinetron, bergabung dengan berbagai band sebelum bergabung dengan Ungu. Tidak banyak yang tahu bahwa Pasha pernah menjadi juara II Lomba Adzan Sulawesi Tengah. Cowok yang ternyata pandai mengaji ini sempat kuliah di ABA-ABI sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan memilih berkarir musik.

2.      Makki (basis)
Nama Lengkap            : Makki O. Parikesit
TTL                                          : Jakarta, 23 Oktober  1971
Bergabung dengan Ungu tahun 1996. Ketika sedang mengambil gelar Indiana University, AS. Makki memperkaya kemampuen bermusiknya dengan bermain bersama sebuah band yang bernama Joint Session, yang selain menjadi band keliling sekitar Midwest, juga merupakan band pembuka beberapa konser group misuk ternama seperti Toad The Road Sprocket dan Jhon Maliencamn. Ketika kembali ke Jakarta tahun 1996, Makki sempat bergabung dengan Harris Ioni dan beberapa sesi inpromptu sampai akhirnya membenyuk Ungu.

3.      Enda (gitaris)
Nama Lengkap            : Franco Medjaya
TTL                                          : Kudus, 4 Maret 1978
Bergabung dengan Ungu tahun 2000. Cowok yang akrab dipanggil Enda ini memulai karirnya sebagai teknisi gitar untuk gitaris band ini. Ketika kebutuhan akan gitaris kedua, mencul Enda membuktikan bahwa ia adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi itu. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Ratulangi ini mudah dikenali dengan sebuah anting dibawah bibirnya.

4.      Oncy (gitaris)
Nama Lengkap            : Arloncy Meraldy
TTL                                          : Palu, 2 Oktober 1981
Bergabung dengan Ungu tahun 2003, yang sebelumnya bergabung dengan Funky Kopral. Oncy merupakan personil terakhir yang bergabung dengan Ungu. Oncy dikenal sebagai gitaris energik dan bermusikalitas baik. Kehadiran Oncy menjadi nilai tambah bagi Ungu.

5.      Rowman (drumer)
Nama Lengkap            : M. Nur Rohman
TTL                                          : Jakarta, 9 Januari 1974
Bergabung dengan Ungu tahun 2001. Sebelum ke Ungu Rowman adalah drummer group musik bernama Garux yang sempat meramaikan dunia musik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar